Wednesday, July 10, 2019

APA PENYEBAB SEAL HYDROLIX BOCOR TERUS?...

Terkadang serasa menjengkelkan apabila seal hydrolix sering bocor,.. padahal baru beberapa saat kita mengganti repair kit khususnya di bagian hydroulix cilinder baik pada forklift maupun alat berat ,hal yang sering terjadi pada karena beberapa kemungkinan seperti kasus pada unit unit ini di antaranya pada :



FORKLIFT
  • cylinder lift
  • cylinder tilt
  • power cylinder ( steering )

TRUCK
  • hydrolix cabin
  • hydrolix wing box

ALAT BERAT
  • cylinder bucket
  • cylinder arm
  • cylinder boom
  • cylinder steering

MOBIL
  • cylinder steering
    pada saat mengetahui seal hidraulik bocor tentu kita akan segera melakukan perbaikan dan penggantian dan yang sering muncul di awal pemikiran kita tentulah sealnya rusak atau aus.

memang betul itu karena bila sealnya rusak sudah tentu oli hidraulik bocor.
lalu setelah di ganti seal atau bahkan repair kitnyapun menggunakan sparepart yang original tetapi beberapa saat kemudian bocor lagi dan bocor lagi,tentu jadi pusing dan menjengkelkan bukan?.....

lalu dimana letak penyebabnya yang kadang terlewatkan oleh pengamatan kita.
mari kawan kita lihat bersama pada saat melakukan penggantian seal hydrolik coba kita perhatikan yang berikut ini :

  • cek kondisi cylinder atau tabung nya kemungkinan cacat,baret
  • cek kondisi shaft atau as nya kemungkinan baret atau bengkok
jika kondisi tabung dan shaft tidak cacat,baret ataupun bengkok kemudian repair kit kita ganti baru coba cek satu hal vital yang tentu tidak boleh kita anggap sepele dan harus segera di perbaiki karena ini penyumbang kebocoran yang terus menerus.


    


mari kita lihat gambar berikut ini khususnya item nomer 6 dan 105
item no 6 adalah pin dan item no 105 adalah bushing ini hal vital penyumbang seal hydrolik selalu bocor terus menerus yang kadang luput dari pengamatan kita...

kenapa bisa demikian...?

karena bushing dan pin adalah sebagai pondasi tempat pijakan cilinder hidraulik agar tidak goyang lepas atupun miring.jadi bahasa sederhananya pin dan bushing tidak boleh aus longgar ataupun oblag bahasanya umumnya karena bila posisinya longgar otomatis pada saat piston dan as bekerja terdorong keluar ataupun masuk dari tabungnya akan miring tidak lurus mengakibatkan as menggesek dan menekan seal sudah barang tentu seal yang terbuat dari karet di tekan begesekan dengan besi tidak akan lama akan sobek ataupun rusak

perhatikan juga gambar no 106 yaitu as atau shaft yang akan keluar masuk melewati item no 109 , cup itu cuma di tahan atau di tutup dengan item no110 yaitu seal kit dan antara as dan cup tidak boleh begesekan , tapi bila penyangga atau pondasinya longgar / bushing dan pin nya aus sudah tentu akan miring dan mengakibatkan bergesekan antara besi shaft dengan besi cup yang sudah pasti menghancurkan seal

gambar tersebut kami ambil dari cilinder hidraulik secara umum saja.demikian pembahasan tentang mengapa cylinder hidraulik selalu bocor padahal seal kit baru di ganti tabung dan as masih bagus.ini sekedar pengalaman kami saja 

jika artikel ini menarik silahkan bagikan ke teman teman anda semoga bisa memberi wawasan tambahan buat temen temen kita yang mungkin sedang membutuhkan info 

klinik alat berat
salam sukses bersama

service alat berat buldozer, excavator, wheel lloader, vibro, crane, forklift, genset call 081283011641

klinik alat berat

Author & Editor

klinik alat berat adalah layanan penjualan suku cadang dan layanan jasa service pada alat berat.