Oli mesin bercampur dengan air radiator bisa membuat mesin menjadi rusakdan Kandungan struktur kimia oli akan berubah sehingga oli mesin kehilangan semua fungsinya sebagai oli mesin seperti contohnya sebagai pelumas, sebagai pendingin, perapat dan lain-lain
Ketika oli mesin kehilangan fungsi dan manfaatnya, maka komponen-komponen mesin yang bekerja dan saling bergesek didalam mesin ini akan menjadi aus, cepat panas dan rusak. Akibatnya anda akan membutuhkan biaya yang lebih untuk melakukan perbaikan pada mesin mobil anda. Ciri-ciri oli mesin campur air radiator beberapa diantaranya adalah oli mesin akan berwarna coklat muda seperti kopi susu, muncul busa dengan buih coklat muda pada radiator, suara mesin akan terdengar lebih kasar dan berisik saat digunakan
apa saja penyebab oli mesin campur air radiator ini ? ..
seputar informasi tentang penyebab oli mesin campur air radiator berikut tips untuk mengatasinya
- CYLINDER HEAD MELENGKUNG / BENGKOK
Penyebab Oli mesin campur air radiator yang pertama adalah cylinder head melengkung / bengkok. Cylinder head yang melengkung atau bengkok ini akan membuat celah diantara gasket cylinder head dengan cylinder block. Air radiator yang bertekanan di dalam mesin akan mudah keluar dari celah tersebut dan masuk ke saluran oli mesin (Oil main gallery). Akibatnya oli mesin menjadi tercampur dengan air radiator. Sedangkan penyebab Cylinder head bengkok ini umumnya terjadi akibat mesin mengalami overheat (panas belebihan), untuk mengatasi cylinder head yang melengkung ini tentunya diperlukan pembongkaran pada bagian cylinder head mesin
Setelah dibongkar, cylinder head akan diukur kerataan dan tingkat kelengkungan yang terjadi pada bagian permukaannya. Ya, cylinder head mesin yang melengkung ini memiliki batas ukuran kelengkungan. Jika ukuran kelengkungan masih dibawah limit rekomendasi pabrikan, maka bubut dan meratakan permukaan cylinder head masih bisa menjadi solusniya. Namun jika sudah melewati batas limit, penggantian cylinder head adalah solusi terbaiknya.
- RETAK PADA DINDING WATER JACKET DI CYLINDER HEAD
Penyebab Oli mesin campur air radiator berikutnya adalah adanya retakan pada dinding water jacket
di cylinder head
Masalah retaknya dinding water jacket pada cylinder head ini memang lebih sering
ditemukan / terjadi pada mesin yang sudah tua, namun bukan tidak mungkin mesin yang baru bisa mengalami masalah ini
Retak pada dinding water jacket ini disebabkan oleh terkikisnya dinding cylinder head akibat
penggunaan cairan coolant yang tidak sesuai dengan karakter mesin.
Pada beberapa kasus, coolant air radiator kerap jenuh dan berubah sehingga mengandung kristalkristal padat akibat terlalu lama tidak dikuras atau menggunakan coolant yang tidak sesuai dengan
anjuran pihak pabrikan.
Kotoran-kotoran tersebut akan terus menerus mengalir akibat adanya sirkulasi cairan pendingin
sehingga lambat laun akan menimbulkan efek menggerus pada dinding cylinder sehingga membuat
dinding cylinder head menjadi tips hingga muncul retakan.
Retakan-retakan inilah yang membuat air radiator keluar dan mengalir masuk ke dalam mesin
sehingga membuat oli mesin campur dengan air radiator.
- RETAK PADA DINDING WATER JACKET DI CYLINDER BLOCK
Penyebab oli mesin campur air radiator berikutnya adalah retak pada dinding water jacket di Cylinder block. Kondisi dan masalah ini mirip dengan retakan pada cylinder head, namun kali ini retakan terjadi pada dinding water jacket di cylinder block. Baca lebih detil tentang komponen-komponen mesin masalah retak pada diniding water jacker di cylinder block ini memang sangat jarang ditemukan, retakan yang terjadi tepat berada pada dinding dekat cylinder liner bagian bawah. Kebocoran ini tentu saja akan membuat air radiator langsung menetes ke bawah dan bercampur langsung dengan oli mesin.
untuk mengatasinya, adalah dengan turun mesin, kemudian lakukan penambalan pada retakan tersebut. Jika tidak memungkinkan, tentu menganti cylinder block adalah solusi terakhir yang terbaik bisa dilakukan.
- PACKING CYLINDER HEAD RUSAK
Penyebab oli mesin campur air radiator juga sering terjadi adalah saat packing cylinder head rusak, Kerusakan pada packing cylinder head ini sebenarnya jarang terjadi karena posisinya yang dijepit diantara cylinder Head dan cylinder block
namun ada kalanya packing cylinder head ini bisa rusak akibat lubang-lubang yang menghubungkan water jacket antara cylinder head dan cylinder blok mengalami korosi dan menembus hingga ke bagian lubang untuk mengalirkan oli mesin. Akibatnya oli mesin campur dengan air radiator
Penyebab oli mesin campur air radiator lainya adalah terjadi bocor pada oil cooler.
Perlu diketahui bahwa tidak semua mesin / engine menggunakan oli cooler yang berpendingin air. Oil cooler berfungsi untuk mendinginkan suhu oli mesin sebelum disirkulasikan kedalam mesin. dengan tujuan agar oli mesin kembali menjadi dingin dan lebih optimal menjalankan fungsi sebagai pendingin komponen yang bergesekan
oil cooler yang berpendingin air ini juga kerap menjadi penyebab oli mesin campur air radiator. biasanya masalah ini timbul akibat gasketatau o-ring pemisah antara oli mesin dengan air radiator sudah rusak dan bocor dan efeknya oli mesin akan bercampur dengan air radiator
www.klinikalatberat.com