CATATAN: Saat mendiagnosis masalah kebisingan mesin, pastikan kebisingan yang disebabkan oleh aksesori, seperti udara kompresor dan power takeoff, tidak salah dengan suara mesin. Lepaskan sabuk drive aksesori untuk menghilangkan kebisingan disebabkan oleh unit-unit ini.
Noise juga akan berpindah ke bagian logam lain yang tidak terkait dengan masalah. Penggunaan stetoskop dapat membantu menemukan suara mesin. Suara mesin terdengar pada kecepatan crankshaft, putaran mesin, adalah suara yang terkait dengan crankshaft, batang, piston, dan piston pin. Suara-suara yang terdengar pada kecepatan camshaft, setengah mesin rpm, terkait dengan kereta katup.
Digital genggam takometer dapat membantu menentukan apakah kebisingan terkait dengan komponen yang beroperasi pada kecepatan poros engkol atau poros bubungan. Kebisingan engine terkadang dapat diisolasi dengan melakukan uji cutout silinder. Lihat Prosedur 006–005. Jika volumenya dari kebisingan berkurang atau kebisingan menghilang, itu terkait dengan silinder mesin tertentu.
Tidak ada aturan atau tes yang pasti yang akan menentukan secara positif sumber keluhan kebisingan. Komponen dan aksesori yang digerakkan engine, seperti kopling kipas yang digerakkan oleh gigi, pompa hidrolik, alternator yang digerakkan oleh sabuk, kompresor AC, dan turbocharger dapat berkontribusi pada kebisingan engine. Gunakan informasi berikut sebagai a panduan untuk mendiagnosis kebisingan mesin
Main Bearing Noise
Kebisingan yang disebabkan oleh bantalan utama yang longgar adalah ketukan keras yang terdengar saat mesin menarik beban. Jika semua utama bantalan longgar, bunyi berisik akan terdengar. Ketukan terdengar secara teratur setiap putaran mesin lainnya. Kebisingan adalah paling keras ketika mesin menyeret atau di bawah beban berat. Ketukan nya tidak beraturan daripada kebisingan batang penghubung. Minyak rendah Tekanan juga dapat menyertai kondisi ini. Jika bantalan tidak cukup longgar untuk menghasilkan ketukan dengan sendirinya, bantalan dapat mengetuk jika minyak terlalu tipis, atau jika ada tidak ada minyak di bantalan. Kebisingan yang tidak teratur dapat menunjukkan bantalan dorong poros engkol yang aus. Ketukan tajam intermiten menunjukkan jarak ujung crankshaft yang berlebihan. Pelepasan kopling berulang dapat menyebabkan perubahan kebisingan
Connecting Rod Bearing Noise
Batang penghubung dengan ketukan clearance berlebihan pada semua kecepatan engine, dan dalam kondisi idle dan load. Kapan bantalan mulai menjadi longgar, kebisingan dapat dikacaukan dengan menampar piston atau pin piston longgar. Kebisingan meningkat dalam volume dengan putaran mesin. Tekanan oli yang rendah juga dapat menyertai kondisi ini.
Piston Noise
Sulit untuk membedakan antara pin piston, batang penghubung, dan kebisingan piston. Pin piston yang longgar menyebabkan aketukan ganda keras yang biasanya terdengar saat mesin idle. Saat injektor ke silinder ini terputus,
lebih terlihat ketika kendaraan dioperasikan di jalan pada kondisi kecepatan stabil
perubahan nyata akan terdengar dalam suara ketukan. Namun, pada beberapa mesin ketukan menjadi
Piston Noise
Sulit untuk membedakan antara pin piston, batang penghubung, dan kebisingan piston. Pin piston yang longgar menyebabkan aketukan ganda keras yang biasanya terdengar saat mesin idle. Saat injektor ke silinder ini terputus,
lebih terlihat ketika kendaraan dioperasikan di jalan pada kondisi kecepatan stabil
perubahan nyata akan terdengar dalam suara ketukan. Namun, pada beberapa mesin ketukan menjadi
service alat berat buldozer, excavator, wheel lloader, vibro, crane, forklift, genset call 081283011641