Thursday, April 26, 2018

TROUBLE ANALYSIS ( ANALISA TROUBLE PADA UNIT / engine )


1. Blow‑By Pressure Terlalu Tinggi

- Terjadi keausan pada Ring Piston & Liner, sebabnya : 
  • Interval Penggantian Oli terlalu lambat. 
  • Incomplet Combustion 
  • Pori‑pori Air Cleaner membesar, karena jarang diganti atau perryemprotan dengan tekanan terlalu tinggi 
- Engine Breather buntu
- Valve, valve seat valve stem, keausan berlebihan.
- Turbo charger, sisi turbin bocor.

2. Exhaust Temperature Terlalu tinggi
Pada dasarnya : Air excess ratio menjadi rendah, disebabkan olch :

• Air cleaner buntu
• Valve clearance membesar
• Turbocharger tidak berfungsi.
• Timing tidak tepat
• Quantity fuel membesar (jumlah fuel yang diinjeksikan)

3. Exhaust Temperature Terlalu Rendah, disebabkan disebabkan oleh:

· Valve clearance terlalu kecil
· Timing tidak tepat
· Quantity fuel kecil, Engine Low Power, karena Fuel filter / strainer buntu.

4. Boost Pressure Terlalu Rendah
Catatan : Air Cleaner Good Condition

• Penyebabnya turbo tidak berfungsi
• Terjadi kebocoran / udara dari sisi exhaust intake manifold

5. Stall Speed Terialu Rendah, penyebabnya

• Engine low power
• Scavenging pump tidak berfungsi.
• Strainer T/C buntu.

6. Stall Speed Terlalu Tinggi
Pada dasamya Oli di dalam T/C kurang, disebabkan :

· Oli kurang
· Setting Relief valve terialu rendah
· Setting Regulator system terlalu rendah
· Transmission Pump tidak berfungsi.
· Strainer buntu.

7. Pump Flow ‑ Rate Rendah

• Internal Leakage telah membesar
• Strainer buntu

8. Steering wheel play terlalu besar

• Adjustment pada gear box tidak benar
• Terjadi ke-ausan pada worm gear.
• Terjadi keausaln pada rod‑end nya.

9. Braking effect distance terlalu besar, disebabkan :

· Air pressure rendah à untuk WA 350 Up.
· SettingRelief pada brake rendah.
· Terjadi keausan padaDisc brake / pad.
· Master brake tidak beifungsi.
· Brake pedal play terlalu besar.

10. Modulating Time terialu besar, disebabkan

• Disc‑plate mengalami keausan sehingga strokenya besar
• Flow pump kurang
• Oli kotor
• Transmssion Strainer buntu.

11. Boom Drift besar (hyd. Dift.), disebabkan :
Terjadi Kebocoran pada piston rod & control valve

12. Engine Hunting
Pada dasarnya fuel kemasukan udara, karena :
• Filter kendor, dan
• Cari sebab‑sebab lain yang berhubungan dengan udara.

13. Engine Overheat disebabkan oleh :

· Air kurang
· Belt kendor
· Radiator Fin / core buntu
· Radiator pressure rendah (radiator cap bocor)
· Thermostat Jammed tertutup
· Water pump rusak.

14. Charging system tidak berfungsi, disebabkan oleh :
  • V‑Belt kendor 
  • Fuse putus. 
  • Specific Gravity Battery Electrolyte terlalu. rendah. 
  • Alternator tidak berfungsi 
  • Regulator tidak berfungsi, dan 
  • Lihat Wiring Diagram. 
15. Torque Converter Over heat, disebabkan oleh :

• Oli pada case transmission banyak
• Operasi selalu Over Load.
• Sama dengan stall speed tinggi.

16. Transmission Slip, disebabkan :
  • Transmission oil pressure drop. 
  • Clutch pack aus / bocor. 
  • Main relief valve spring lernah (WA). 
  • Oli kotor. 
  • Masuk angin / udara dalam system. 
17. Steering terasa berat.

• Masuk angin / udara dalam system.
• Strainer buntu.
• Linkage adjustment tidak benar.
• Flow Pump kurang.
• Demand valve tidak berfungsi (WA).

18. Parking brake tidak mau release
  • Piston bocor pada chamber (WA) 
  • Air Pressure drop. 
  • Air valve tidak berfungsi. 
19. Gerakan Work Equipment Lambat.

• Terjadi kebocoran flow
• Linkage (keausan pada balljoint, dan lain‑lain).

20, Transmission Cut‑Off tidak bekerja.

• Electrical switch tidak berfungsi.
• Solenoid valve tidak bekerja.

layanan service alat berat
call 081283011641

klinik alat berat

Author & Editor

klinik alat berat adalah layanan penjualan suku cadang dan layanan jasa service pada alat berat.