jika mesin / kendaraan anda tiba- tiba mengalami hal di bawah ini segera lakukan pengecekan agar mesin / kendaraan tetap aman dan tidak menjadi fatal , ketidaktahuan tentang penyebab dari sebuah kerusakan besar di sebabkan tidak paham hingga menjadi faktor kerugian besar dalam sebuah usaha dan sebaiknya banyak mencari informasi tentang hal hal teknik agar mesin anda tetap aman
berikut adalah diagnosa jika cylinder head ada kerusakan
- temperatur mesin naik melebihi standar hingga terjadi over head
- asap tebal yang keluar dari gas buang
- performa mesin turun / low power
- oli mesin cepat habis
- dll
alasan paling umum jika terjadi kerusakan pada cylinder head adalah over heating karena tidak berfungsinya pendingin di sebabkan karena packing rusak atau cylinder head yang retak
Bagaimana Kepala Cylinder Bekerja?
silinder head memungkinkan mesin tampil maksimal dengan menghubungkan intake dan exhaust manifold untuk memungkinkan pembakaran cepat ke bahan bakar dan udara yang menggerakkan piston mesin. Manifold intake memberi ruang udara ke head, di mana ia dibakar dengan bahan bakar untuk menghasilkan gas buang, yang dikeluarkan melalui manifold knalpot. Penting agar katup intake dan exhaust, yang memungkinkan masuk dan keluarnya gas yang relevan, buka dan tutup pada saat yang tepat agar mesin tetap berjalan lancar.
berikut ini kami akan memberikan informasi penyebab dan masalah dan solusi cara menangani cylinder head
- Bocornya Katup Cylinder Head Mobil
Klep atau katup cylinder head mobil tentu dapat mengalami kebocoran karena telah aus. Bocornya klep atau katup cylinder head dapat berpengaruh pada bagian kompresi mobil.
Katup yang mengalami kebocoran dapat berakibat pada kinerja mesin mobil yang menurun. Katup atau klep pada cylinder head akan mengalami keausan jika saling berbenturan secara terus menerus.
- Cylinder Head Memuai
Cylinder head juga dapat mengalami pemuaian yang dikarenakan oleh mesin yang sudah begitu panas. Mesin akan memanas yang disebabkan oleh pendingin mesin yang telah mati atau kekurangan air pendingin. Memuainya cylinder head akan berakibat pada air radiator dan oli yang akan menyatu atau tercampur, dikarenakan antara blok mesin dan juga cylinder head yang memuai tersebut.
Ketika cylinder head memuai, air akan memasuki lubang-lubang oli dan oli pun juga akan memasuki lubang air pada mobil. Untuk menghindari kejadian satu ini, Anda perlu memeriksa kondisi air radiator dan juga mesin pendingin mobil secara rutin. Khusus bagi Anda pengendara yang suka dan sering melakukan perjalanan jauh. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda perlu membuat permukaan bagian cylinder head mobil tersebut agar rata kembali.
- Rusaknya Packing
Tak hanya dapat memuai dan mengakibatkan tercampurnya oli dan air radiator, packing cylinder head yang mengalami kerusakan juga dapat membuat oli dan air tercampur. Packing cylinder head dapat mengalami kerusakan ketika sudah terlalu lama dipakai atau terjadinya proses pemasangan yang salah. Segeralah ganti komponen yang baru jika packing cylinder head mobil Anda telah terindikasi kerusakan.
- Cylinder Head Mengalami Keretakan
Retaknya cylinder head mobil juga merupakan permasalahan umum yang sering terjadi pada komponen satu ini. Mesin yang terlalu panas karena kurangnya proses pendinginan pada bagian mesin merupakan penyebab rusaknya cylinder head mobil.
Setelah Anda mengetahui bahwa mesin yang mengalami overheating atau terlalu panas akan berakibat pada rusaknya cylinder head mobil. Perlu bagi Anda untuk mengetahui cara memeriksa gasket cylinder head mobil agar terhindar dari rusaknya cylinder head tersebut.
- Pemeriksaan secara visual
Langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk memeriksa kebocoran gasket cylinder head mesin ialah pemeriksaan secara visual. Cara ini dapat digunakan dengan menghidupkan mesin terlebih dahulu sampai suhu kerja mesin atau sampai thermostat terbuka dengan posisi tutup radiator yang juga dalam keadaan terbuka. Anda perlu memperhatikan air yang berada di radiator, akan terlihat gelembung udara yang terus menerus. Hal ini tentu akan Anda temui karena telah terjadi kebocoran pada packing antara silinder dengan water jacket. Jika kebocoran terlalu besar, gas mesin akan menyembur air dari radiator ke atas.
Selain langkah di atas, Anda dapat memeriksa air radiator. Jika Anda menemukan oli dalam air radiator, hal ini menandakan terjadinya kebocoran antara saluran oli dan air.
Langkah alternatif lainnya ketika Anda memeriksa oli mesin ialah perhatikan stik oli, Apabila warna oli berubah menjadi coklat susu, hal ini juga menandakan packing mengalami kebocoran.
Langkah terakhir bagi Anda untuk memeriksa secara visual ialah melihat kondisi ruang bakar melalui warna busi yang terlihat basah oleh air.
- 2. Measurment / pengukuran / tester
Untuk memeriksa kebocoran gasket cylinder head mesin, Anda juga dapat menggunakan radiator tester. Apabila Anda memompa radiator hingga tekanan pada skala radiator leak tester sampai 157 kpa atau 1.5 kg/cm2 atau 23 psi, maka tidak terdapat bocor yang terlihat secara visual berupa tetesan air. Tetapi pada angka atau skala yang terdapat pada radiator tester akan terlihat turun secara perlahan yang mengindikasikan terdapat kebocoran. Hal ini tergantung sampai seberapa besar tingkat kebocoran pada packing cylinder head.
- .3. Compression Tester
Ketika Anda melakukan pemeriksaan tekanan kompresi mesin menggunakan compression tester, Anda akan melihat tekanan kompresi yang kurang pada silinder yang terdapat kebocoran pada packing cylinder head dibanding cylinder yang lain.
Pada dasarnya, cylinder head mobil akan mengalami kerusakan atau bermasalah tergantung pada perawatan atau pemeriksaan dari pengguna mobil itu sendiri. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk merawat dan memeriksa rangkaian atau komponen mobil secara rutin dan juga teliti agar tidak berujung pada kerusakan rangkaian atau komponen tersebut yang menganggu aktivitas berkendara Anda
⤋⤋⤋
layanan service alat berat
⤋⤋⤋
layanan service alat berat